Bismillah. Setiap penulis memiliki tujuan yang berbeda dalam menggeluti bidang menulis. Akan tetapi secara umum, tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya berupa buku, majalah, kamus dan lain-lain agar dapat disajikan kepada pembaca.
Secara
otomatis kita harus paham sajian buku apa yang diminati oleh masyarakat.
Sesuatu hal tidak mudah untuk mengetahui selera masyarakat atau konsumen yang
terdiri dari berbagai kalangan.
Ada strategi
khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar layak
dinikmati pembaca dan menu yang sangat dibutuhkan.
Setiap penulis
memiliki tujuan yang berbeda dalam menggeluti bidang menulis. Akan tetapi secara
umum, tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya berupa buku, majalah,
kamus dan lain-lain agar dapat disajikan kepada pembaca.
Secara
otomatis kita harus paham sajian buku apa yang diminati oleh masyarakat.
Sesuatu hal tidak mudah untuk mengetahui selera masyarakat atau konsumen yang
terdiri dari berbagai kalangan.
Ada strategi
khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar layak
dinikmati pembaca dan menu yang sangat dibutuhkan.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Kenapa
demikian? Karena hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan.
Jenis-jenis buku tersebut dikelompokkan menjadi kategori buku. Salah satu
contoh penerbit Andi Offset, telah menerbitkan buku cukup banyak. Terdapat 32
kategori produk buku. Di antaranya adalah kategori buku anak, buku bisnis, buku
pertanian, buku fiksi, novel, buku pengembangan diri, buku teks dan lain-lain.
Dari
jenis-jenis kategori buku tersebut, kita melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Sehingga
strategi pemasaran pada umumnya
dipengaruhi oleh dua faktor yaitu :
1. Faktor
mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor
makro, yaitu demografi wilayah, ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik,
sosial-budaya.
Penerbit
Andi Offset masuk ke dalam kedua faktor ini dalam menjalankan bisnis penerbitan
buku. Dengan usianya yang telah mencapai 42 tahun dan telah menerbitkan
buku lebih dari 20.000 judul buku yang
telah dikelompokkan menjadi 32 kategori.
Strategi
pemasaran buku yang telah dipetakan oleh Andi Offset menggunakan dua strategi
yaitu strategi pemasaran buku serangan udara dan strategi pemasaran buku serangan darat, dengan berlandaskan pada
faktor mikro dan makro. Dua strategi
tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
A. Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara (On Line)
a. Pemasaran
buku lewat online
Digital marketing merupakan teknik pemasaran
terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan
media online atau internet.
Saat terjadi pandemic Covid-19 melanda dunia,
mau tidak mau dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital
seperti sekarang ini. Bisnis tidak akan bisa bertahan jika tidak mengikuti
kenajuan zaman dan juga keinginan pelanggan.
Jika tidak sesuai dengan keinginan pelanggan maka akan dipastikan usaha tidak akan berjalan
dengan baik.
Ketika ingat pada zaman dahulu iklan dengan
brosur dan baliho besar ada di mana-mana. Sekarang cara mengiklan ataupun
kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa lebih mudah? Karena dengan adanya
internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan manusia.
Jenis-jenis digital marketing yang dapat diterapkan antara lain :
1.
Content
marketing
Salah satu jenis digital marketing yang
berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk
menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada bayak pilihan
content marketing mulai dari blog, podcast, infografik dan lainnya.
2.
Search
Engine Optimization (SEO)
SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna
internet untuk mengunjungi website dan kemudian membeli produk yang ditawarkan.
3.
Search
Engine Marketing (SEM)
SEM merupakan upaya untuk mengoptimasi
website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi
pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil
pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
4.
Social Media
Marketing
Social media marketing
memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu
brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform
media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
5.
Email
Marketing
Strategi marketing yang satu ini
menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6.
Instant
Messaging
Instant messaging marketing bisa
menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk
secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa
memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform
messenger lainnya.
7.
Influencer
Marketing
Kehadiran
influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan
lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang
influencer.
8.
Video
Marketing
Video marketing untuk
melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi
salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9.
Channel
Youtube
Pemasaran melalui channel Youtube juga dinilai sangat efektif karena
orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini
bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan streaming.
10.
Bekerjasama dengan market
place seperti buka lapak, shopee, reseller dan lain-lain.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktif
untuk terus promosi , supaya kita dapat :
a. Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial;
b. Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga;
c. Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu;
d. Menaikkan
penjualan dan profit ;
e. Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing;
f. Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan ;
g. Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
b. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita
tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk
membentuk komunitas (membuat Grup w.a dll)dan relasi , maka gunakanlah jaringan
komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku .
Penjualan
lewat komunitas akan lebih efektive dan
efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita
tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan
komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.
B. Strategi
pemasaran buku serangan Darat (Off Line ).
Untuk
menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus
melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari
Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang
tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi
tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku
Tradisional.
Saat pandemi
covid saluran distribusi lewat Toko buku sangat berat sekali dan banyak toko
buku yang gulung tikar. Namun saat ini toko buku mulai mengeliat kembali
walaupun belum 100 Percent pulih seperti sebelum Covid
Kenapa kita
perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko
buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko
buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas
Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan
teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko
buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi
penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya
masih manual .
Untuk itu
saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para
Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku
tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi
Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan ,
antara lain :
1. Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol;
Contoh
display buku di Gramedia
2. Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner;
3. Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu;
4. Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dan lain-lain;
5. Dan masih
banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut;
6. Penerbit
Andi Offset mempunyai Sales Toko Buku disetiap cabang - Cabang besar di
Indonesia yang bertugas untuk mendisplay buku, menawarkan produk ke konsumen
yang datang ke toko dan melakukan R.O
Demikian sekilas strategi pemasaran buku
lewat jalur distribusi toko buku
Sekarang kita akan masuk strategi pemasaran
yang langsung ke dor to dor dengan memakai Sales Directselling.
2. Strategi
Pemasaran melalui Direct Selling
Kami
Penerbit Andi mempunyai Cabang di Indonesia sebanyak 96 Cabang dari Aceh s.d
Papua. dan Mempunyai Sales / Marketing disetiap cabang tersebut.
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
· Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK);
·
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk
semua mata kualiah;
· Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai
Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan
tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggung jawab
target sesuai maping areanya masing -masing yang bertugas :
a.
Kunjungan langsung ke tiap
sekolah ;
b.
Kunjungan langsung ke setiap
kampus;
c.
Kunjungan langsung ke setiap
Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dan lain-lain;
Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll.
Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat;
d. Tenaga
penjual / Sales tersebut akan berjuang untuk bisa menguasai areanya dan
pelakukan penetrasi pasar untuk bisa transaksi sesuai target yang telah
ditetapkan oleh Perusahaan.
3. Strategi
pemasaran buku dengan Melakukan Event – Event.
Aktif dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam
seminar, webinar , workshop, Tryout, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar