Rabu, 07 September 2022

Bagaimana Menjaga Komitmen Mengelola Blog

Hari rabu tanggal 7 September 2022, Pelatihan BM PGRI ke-27" , Pertemuan ke-8, Narasumber : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si & Moderator : Sim Chung Wei, S.P, Judul "Komitmen Menulis di Blog"




Bismillahirrahmanirrahim. Membaca judulnya seakan teringat kembali materi om Jay pada pertemuan pertama. Ada kata blog. Waktu kuliah dulu saya pernah mengenal blog. Saya juga pernah menulis di blog. Tapi tulisan saya tidak terarah kemudian saya bosan lalu tidak lagi menulis di blog. 



Pertemuan saya dengan Pelatihan Belajar Menulis ke-27 PGRI , mentor hebat dan para penulis hebat lainnya, membuat saya lebih paham bagaimana mengubah tema blog, menyeting blog dan sebagainya. 
Untuk mengubah tema blog, banyak template yang di sediakan gratis di internet tinggal di download tapi perlu di edit dan disesuaikan dengan selera kita. Blog tempat saya menulis ini,  saya sudah ganti temanya sebanyak tiga kali. 



Semua itu saya lakukan untuk menghilangkan kejenuhan. Kadang-kadang seringnya kita berinteraksi dengan sesuatu akan menimbulkan kebosanan. Ini cara saya mengatasinya. Inilah selera saya, kalau cocok dengan kalian silahkan di ATM. hehehe



Materi kali ini sangat menarik dan menusuk-nusuk di hati, hehehe. Judulnya "Bagaimana Menjaga Komitmen Mengelola Blog".  Sebagai narasumber pada pertemuan ini adalah Drs. Dedi Dwigatama, M.Si. yang akrab disapa Om Dedi dan Bertindak sebagai moderator Sim Chung Wei, S.P. yang akrab disapa Pak Sim. Om Dedi telah melakukan presentasi sejak tahun 1990. Dan ini yang ke 1.177 kalinya. Wow keren...Jumlah yang sangat fantastis.



Materi kali ini bersifat pertanyaan-pertanyaan dari peserta. Om Dedi tidak mengunci grup WA mungkin agar peserta bebas bertanya. 

Inilah ringkasan materi beliau.

Bagaimana menjaga komitmen mengelola blog? 


Menurut kamus aplikasi KBBI V, komitmen adalah perjanjian untuk melakukan sesuatu, tanggung jawab. Komitmen sendiri berarti melakukan sesuatu dengan suka rela tanpa paksaan dari pihak mana pun. Komitmen berarti tetap teguh pada pendirian. 




Om Dedi telah banyak menulis di blog. Bisa dibilang, menulis diblog sudah menjadi passion bagi Om Dedi. Dalam menulis di blog kita semua tidak bisa berkomitmen bahkan dalam hal apa saja. Ini adalah sesuatu yang sangat sulit. Setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda. Ada yang berprofesi sebagai pedagang, pengusaha, pelajar, guru, mahasiswa, dosen dan se againya. 



Berkomitmen berarti melakukannya dengan suka rela. Sebagian orang menulis di blog agar bisa mendapatkan uang dari tulisannya. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan blognya pada google Adsense. Saya pribadi belum pernah mencoba tapi pernah menonton step per step bagaimana mendaftarkan di google adsense. Untuk saya pribadi saya lebih suka memberikan manfaat kepada orang lain. Soal cuan nantilah kita pikirkan lagi....hehehe




Ada banyak sekali web yang semisal dengan blog yang bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk menulis. Diantaranya adalah Kompasiana, Wordpress dan lain-lain. Tentunya sesuai dengan selera masing-masing. Om Dedi sendiri bukanlah seorang yang terlahir langsung menjadi seorang blogger yang terkenal. 



Beliau seringkali diundang. Dari gambar-gambar yang beliau tampilkan tampaknya Om Dedi adalah seorang yang jago soal Public Speaking. Suara beliau begitu khas sehingga memotivasi saya ingin menjadi seorang yang memiliki kemampuan Public Speaking. 



Ketika kita sudah membuat blog kadang-kadang ada-ada saja kesibukan. Saya sendiri mengikuti Pelatihan Belajar Menulis  PGRI ke-27. Ada cara saya tersendiri agar dapat menulis dengan cepat. Saya akan menulis poin-poin pentingnya terlebih dahulu lalu saya akan posting. 




Saya berharap dari kekurangan tulisan saya ada mentor atau peserta yang mengoreksinya. Tujuannya agar saya dapat menyerap ilmu dari mereka. Saya pribadi lebih senang kalau tulisan saya di kritik oleh pengunjung agar saya tidak kehilangan ide untuk memperbaiki blog saya. 



Salah satu cara agar blog kita rame dikunjungi , rajin-rajinlah berkunjung ke blog orang lain. Sama halnya ketika kita sering berkunjung ke rumah orang lain, maka kita juga kan sering dikunjungi. Blog ini layaknya rumah bagi pemiliknya. Seorang blogger bebas menulis apa saja di dalamnya. Tapi saran dari saya, menulislah hal yang positif. 



Komitmen menulis di blog adalah komitmen membuat konten diblog secara rutin sesuai dengan kesibukan masing-masing. Beliau telah menulis diblog sejak  2005, dan mengelola 10 blog berbagai tema. Kita bebas memilih genre tulisan kita. 




Setiap orang memiliki minat dan bakat masing-masing. Ada banyak ilmu yang diberikan malam ini. Tapi saya bisa simpulkan teruslah menulis dan seringlah mengutak atik setingan blog. Bila sudah sering kita amati kadang-kadang kita akan mendapatkan ide bagaimana tampilan blog yang bagus. Di youtube banyak sekali tutorialnya. Pertanyaanya adalah apakah kita mau belajar? hehehe
santai bro, kontrol, kontrol.......hehehe



Banyak manfaat yang kita diperoleh dari menulis di blog. Sepanjang kita hidup sampai mati orang lain dapat mengambil manfaat dari tulisannya. Semua orang dapat menulis sesuai dengan genrenya. 




Mungkin ada yang suka menanam bunga bisa menulis tentang menanam bunga, merawat sepeda motor, pengalaman mengajar di dalam kelas dan lain-lain. Berpikirlah hal-hal yang positif. Tulislah semua dengan hati dan kejujuran. Ia akan memberikan kekuatan bagi penulisnya. Jadi kesimpulannya agar dapat berkomitmen mengelola blog adalah kembali ke pribadi masing-masing. 

#Salam literasi


(Tulisan ini adalah revisi yang kedua)

12 komentar:

  1. Mantap pak resumenya...selalu diawali dengan pengalaman pribadi yang tentunya relate dengan temaπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. Pak ..
    Saya suka dengan tampilan blognya...bisa belajar ni

    BalasHapus
  3. Tampilan blog kreen pak. Saya suka

    BalasHapus
  4. Bagus pak resume nya,,,gmn cara mengatur tulisan di blog agar rapi seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih,

      Maaf pak/bu...ada di bagian atas sebelah kanan. Simbolnya sama seperti m. Word. ada rata kiri, rata kanan, tengah dan rata kiri dan kanan. Setelah menulis kemudian diblog tulisannya lalu klik bagian yang diinginkan...

      Hapus