Rabu, 01 Mei 2024

Gali Potensi Ukir Prestasi


 


Bismillah. Pemateri malam ini adalah seorang ibu guru dengan segudang prestasi. Dari paparan yang disampaikan semua berisi tentang bagaimana perjalanannya melewati berbagai rintangan sehingga menjadi seorang penulis yang terkenal. Meskipun buku solo beliau belum sampai pada tahap best seller akan tetapi sudah sangat lumayan bisa tampil di rak toko buku gramedia. Tentu saja, ini tidak dapat dilakukan oleh semua guru. 

Saya melihat keberhasilan dalam kepenulisan juga dipengaruhi oleh kedekatan seseorang dengan orang yang dapat memberikan inspirasi bahkan motivasi. Misalnya, beliau bercerita tentang buku parenting 4.0 karena mendapatkan motivasi dari ibu kanjeng. Barangkali sebagai penulis pemula, kita semua sangat membutuhkan mentor hebat yang dapat membimbing kita dalam menyelesaikan tulisan baik itu buku antologi maupun buku solo. 

Saya mempunyai pengalaman pribadi terkait dengan menggali potensi dan mengukir prestasi. Saya memiliki beberapa sahabat satu circle yang memiliki bakat menulis yang luar biasa. Saya sangat suka membaca puisi yang ditulis salah satu sahabat saya tersebut. Salah satu puisi yang ia tulis pada tautan blog ini :

https://fadlyrmansjur911.blogspot.com/2022/10/sebelum-kau-datang.html

Dari tulisan teman saya inj, saya banyak belajar tentang sebuah motivasi. Sebaik apapun potensi yang dimiliki seseorang bila ia tidak memiliki motivasi maka percuma. Sebagai kawan yang baik saya selalu memberikan kata-kata motivasi. Saya ingin orang-orang yang memiliki potensi menulis mau aktif mengikuti pelatihan menulis KBMN PGRI sampai selesai.

Sebagai tambahan, keberhasilan seorang menggali potensi dirinya bukan tergantung dari kemampuan intelekstualnya tapi motivasi dari dalam dirinya. Tentunya semua diawali dengan doa. Sebab manusia tidak akan pernah terlepas dari jalan takdirnya. Bahkan tak diragukan lagi menurut para ahli pendidikan bahwa perkembangan intelektual manusia berkembanb seiring dengan perkembangan fisiknya. Terkadang juga, tantangan dalam hidup sangat berguna untuk melejitkan kemampuan. Tanpa tantangan, seseorang tidak akan melejitkan potensinya atau cenderung monoton. Ibu Aam adalah sebuah contoh seorang yang mampu menggali potensi dirinya dan mengukir prestasi yang luar biasa.

Penutup dari resume saya ini terkait dengan hal-hal apa saja yang dapat menggali potensi dan mengukir prestasi seorang antara lain sebagai berikut :

1. Motivasi dari dalam diri, misalnya : cita-cita ingin menjadi penulis hebat. Motivasi ini bersifat internal dan sangat kuat.

2. Motivasi dari seorang mentor, ini termasuk motivasi eksternal.

3. Adanya tantangan dalam hidup. 

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi teman-teman penulis. Mari kita menggali potensi melalui tulisan lalu mengukir sebuah prestasi.


#Salam dan bahagia

16 komentar:

  1. lengkap sekali..sangat menginspirasi

    BalasHapus
  2. Lengkap dan semangat, lanjutkan

    BalasHapus
  3. Woowwww kerennn. Ini yang namanya sudut pandang sendiri. Terima kasih Pak Darno sudah membuat tulisan dengan gaya sendiri. Bisa ditambahkan beberapa foto dan link video narsum untuk menguatkan tulisan. Semangat terus yaaa

    BalasHapus
  4. Suka sekali semangat bapak ini kalau menulis, semoga konsisten ya pak..

    BalasHapus
  5. Mantap Bapak.. Semangat berkarya

    BalasHapus
  6. Memberikan inspirasi untuk terus menggali potensi diri.

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Terima kasih. Luar biasa, pak Sim keren puisinya pak

      Hapus
  8. Mantap, semangat menulis dan berkarya.

    BalasHapus