Senin, 29 April 2024

Teknik Penulisan Resume




Bismillah.
Menulis resume sangat bermanfaat bagi kita. Resume adalah meringkas tulisan yang panjang tanpa mengurangi isi dan makna tulisan. Dalam menulis resume dibutuhkan pembiasaan dan latihan yang lama. Layaknya berolahraga, menulis resume membutuhkan pemanasan terlebih dahulu. Sebuah resume yang baik adalah resume yang telah melalui proses yang panjang penulisnya.

Pada materi kali ini, pemateri memberikan dua tips dalam menulis resume agar menarik sebagai berikut : 
1. Menambahkan referensi. 
2. Menggunakan kalimat sendiri.


Kita mulai dari yang pertama. Dengan menambahkan referensi maka resume kita akan terlihat menarik untuk dibaca pengunjung blog. Referensi sebaiknya diambil dari penulis atau tokoh terkenal. Ini akan menambah wawasan pembaca dengan adanya pengetahuan baru yang diperoleh. 


Selanjutnya pada tips kedua, kita menuliskannya dengan kalimat sendiri. Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki gaya penulisan masing-masing. Inilah yang menjadi keunikan setiap penulis. Berikutnya, susunlah kalimat resume dalam paragraf yang pendek-pendek agar pembaca memiliki jeda untuk berhenti sejenak. 


Paragraf yang panjang akan membuat pembaca bosan bahkan tidak mau membaca tulisan kita meskipun kelihatan isinya menarik. Tapi yang terpenting dari semua ini adalah harus sering berlatih. Oleh karena itu, tunggu apa lagi, ayo sekarang kita berlatih. Semoga tulisan ini bermanfaat. 


#Salam dan bahagia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar